TUJUAN DAN SASARAN STRATEGIS BESERTA INDIKATOR KINERJA UTAMA

            Tujuan Strategis merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 1 (satu) sampai 5 (lima) tahun. Dengan diformulasikannya tujuan strategis ini maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang dapat secara tepat mengetahui apa yang harus dilaksanakan dalam memenuhi visi dan misinya untuk kurun waktu satu sampai dengan lima tahun ke depan dengan mempertimbangkan sumber daya dan kemampuan yang dimiliki. Lebih dari itu, perumusan tujuan Strategis juga memungkinkan untuk mengukur sejauh mana visi dan misi telah dicapai mengingat tujuan Strategis dirumuskan berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Sasaran Strategis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang merupakan penjabaran dari misi dan tujuan yang telah ditetapkan, yang menggambarkan sesuatu yang akan dihasilkan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun dan dialokasikan dalam 5 (lima) periode secara tahunan melalui serangkaian kegiatan. Penetapan sasaran Strategis ini diperlukan untuk memberikan fokus pada penyusunan kegiatan dan alokasi sumber daya dalam kegiatan atau operasional tiap-tiap tahun untuk kurun waktu 5 (lima) tahun.

Sasaran Strategis ini merupakan bagian integral dalam proses perencanaan Strategis dan merupakan dasar yang kuat untuk mengendalikan dan memantau pencapaian kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten  Bengkayang serta lebih menjamin suksesnya pelaksanaan rencana jangka panjang yang sifatnya menyeluruh.

Adapun tujuan, sasaran dan indikator kinerja utama yang terkait dengan masing-masing misi yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut :

Misi Pertama

:

Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan pada semua jenjang serta pelaku kebudayaan yang berkualitas”

Tujuan Strategis dan Sasaran Strategis yang ditetapkan dalam rangka mewujudkan tersebut di atas adalah sebagai berikut:

                           T u j u a n

S a s a r a n

1.      (TS 1) Penguatan peran siswa, guru, tenaga kependidikan serta orangtua siswa dan aparatur institusi pendidikan melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2.      (TS 2) Pemberdayaan pelaku budaya dalam melestarikan kebudayaan serta pembinaan pelaku pramuka

1.  Meningkatnya kualitas pendidikan;

2.  Meningkatnya standar pelayanan pendidikan;

3.  Meningkatnya kelstarian aset seni dan budaya.   

Indikator Kinerja Utamanya adalah :

  1. Angka rata-rata lama sekolah;
  2. Penduduk melek huruf;
  3. Rata-rata nilai kelulusan;
  4. Guru yang berkualifikasi SI/D-IV;
  5. Rasio guru terhadap 1000 murid SD/Sederajat;
  6. Rasio Murid dan guru SMP;
  7. Rasio Murid dan Guru SMA;
  8. Bangunan Sekolah SD/sederajat dalam kondisi baik;
  9. Bangunan Sekolah SMP/sederajat dalam kondisi baik;
  10. Bangunan Sekolah SMA/sederajat dalam kondisi baik;
  11. Jumlah acara tradisi adat budaya yang dilestarikan;
  12. Jumlah Aset Budaya yang dilestarikan.

Misi Kedua

:

Meningkatkan akses pelayanan pendidikan yang meluas, merata dan berkeadilan”

Tujuan Strategis dan Sasaran Strategis yang ditetapkan dalam rangka mewujudkan tersebut di atas adalah sebagai berikut:

T u j u a n

S a s a r a n

1.    (TS 3) Peningkatan akses PAUD dan pendidikan dasar, pendidikan masyarakat serta pendidikan anak berkebutuhan khusus secara adil dan merata.

1.    Meningkatnya kualitas pendidikan;

2.    Meningkatnya standar pelayanan pendidikan;

3.    Meningkatnya aksesibilitas pelayanan pendidikan.

Indikator Kinerja Utamanya adalah :

  1. Angka rata-rata lama sekolah;
  2. Penduduk melek huruf;
  3. Rata-rata nilai kelulusan;
  4. Guru yang berkualifikasi SI/D-IV;
  5. Rasio guru terhadap 1000 murid SD/Sederajat;
  6. Rasio Murid dan guru SMP;
  7. Rasio Murid dan Guru SMA;
  8. Bangunan Sekolah SD/sederajat dalam kondisi baik;
  9. Bangunan Sekolah SMP/sederajat dalam kondisi baik;
  10. Bangunan Sekolah SMA/sederajat dalam kondisi baik;
  11. Desa/kelurahan yang telah memiliki PAUD.

Misi Ketiga

:

Meningkatkan pembelajaran yang bermutu”

Tujuan Strategis dan Sasaran Strategis yang ditetapkan dalam rangka mewujudkan tersebut di atas adalah sebagai berikut:

T u j u a n

S a s a r a n

1.      (TS 5) Peningkatan mutu dan relevansi pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan karakter.

1.      Meningkatnya kualitas pendidikan;

2.      Meningkatnya standar pelayanan pendidikan;

3.      Meningkatnya aksesibilitas pelayanan pendidikan.

Indikator Kinerja Utamanya adalah :

  1. Angka rata-rata lama sekolah;
  2. Penduduk melek huruf;
  3. Rata-rata nilai kelulusan;
  4. Guru yang berkualifikasi SI/D-IV;
  5. Rasio guru terhadap 1000 murid SD/Sederajat;
  6. Rasio Murid dan guru SMP;
  7. Rasio Murid dan Guru SMA;
  8. Bangunan Sekolah SD/sederajat dalam kondisi baik;
  9. Bangunan Sekolah SMP/sederajat dalam kondisi baik;
  10. Bangunan Sekolah SMA/sederajat dalam kondisi baik;

Misi Keempat

:

Mewujudkan pelestarian seni dan budaya serta peningkatan prestasi olahraga pelajar pada semua jenjang pendidikan”

Tujuan Strategis dan Sasaran Strategis yang ditetapkan dalam rangka mewujudkan tersebut di atas adalah sebagai berikut:

T u j u a n

S a s a r a n

1.    (TS 2) Pemberdayaan pelaku budaya dalam melestarikan kebudayaan serta pembinaan pelaku pramuka.

2.    (TS 4) Pembinaan Olahraga pelajar yang berkesinambungan dan berkualitas

1.     Meningkatnya kualitas pendidikan;

2.     Meningkatnya kelstarian aset seni dan budaya.

Indikator Kinerja Utamanya adalah :

  1. Prestasi Olahraga siswa;
  2. Jumlah acara tradisi adat budaya yang dilestarikan;
  3. Jumlah Aset Budaya yang dilestarikan.

Misi Kelima

:

“Penguatan tata kelola serta peningkatan efektivitas birokrasi yang transparan dan akuntabel”

Tujuan Strategis dan Sasaran Strategis yang ditetapkan dalam rangka mewujudkan tersebut di atas adalah sebagai berikut:

T u j u a n

S a s a r a n

1.       (TS 6) Peningkatan sistem tata kelola yang transparan dan akuntabel dengan melibatkan publik.

1.   Meningkatnya akuntabilitas kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang.

2.   Pencapaian Laporan Keuangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang WTP.

Indikator Kinerja Utamanya adalah :

  1. Skor LAKIP/LKj;
  2. Opini BPK Terhadap Laporan Keuangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang.

Link Terkait